Sabtu, 01 Juni 2013

Sedikit tentang "Ikhlas" semoga bermanfaat :)

assalamu'alaikum,, :)




untuk memulai blog ini ane ingin sedikit bercerita tentang ikhlas,, udah gak jarang doonk kita denger kata "ikhlas". Sebenernya ikhlas itu apa sih?,, sampe sebegitu terknalnya, seperti sesuatu yang gimanaaaa gitu

hmm,,
nah,, menurut buku panduan mentoring yang ane baca ,, :)

ikhlas berasal dari kata khalasha yang berarti bersih atau murni
nah jadi perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas itu adalah perbuatan yang murni dan bersih hanya mengharap ridha dari Allah S.W.T tanpa berharap dari yang lain. mis: kita melakukan sesuatu hanya ingin di pandang baik oleh manusia. 
Allah loo yang memerintahkan kita untuk ikhlas dalam beramal dan beribadah kepadanya, buktinya ada tuh di dalam Q.S Al-a'raf: 29 "katakanlah Tuhanku menyuruhku berlaku adil. Hadapkanlah wajahmu (kepada Allah) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu di ciptakan". bukan hanya di situ, tapi juga ada di Q.S 98:5 dan Q.S 18:110
nah lo,, udah jelaskan sekarang kalo ikhlas itu beneran perintah dari Allah,, bukan hanya ngikutin trend.
tau gak sih kalo ikhlas itu penting??

ternyata neh sob, salah satu syarat diterimanya amal itu adalah ikhlas,, seperti yang di sebutkan dalam HR. Abu Daun dan Nasai "Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dalam ikhlas keridhoan semata"

jadi tunggu apa lgi ??? ayooo mulai dari sekarang kita berusaha untuk sedikit demi sedikit ikhlas, jika kita belum terbiasa,, ane ada tips neh, semoga bisa membantu :)

1. mengetahui arti keikhlasan (nah, kan udah di jelasin tuh tadi, meskipun tak seberapa) :)
2. menambah pengetahuan tentang Allah dan hari kiamat
    jadi  sob, kalo kita uda tau ilmu tentang-Nya, tentu nya kita gak bakalan berani syirik (menyekutukan Allah dengan selain-Nya di dalam niat), Ia juga akan mempertimbangkan amal-amalnya dan balasan nanti di akhirat.
3. memperbanyak berinteraksi/membaca al-quran, karena al-quran itu penyembuh dari segala penyakit dalam dada (Q.S 10:57) termasuk penyakit riya, ujub, dan sum'ah.
4. memperbanyak amal-amal rahasia.
  gak perlu lah yaaa setiap kita ngelakuin hal baik dikit, langsung deeh di ceritain ke khalayak ramai --",, dengan gitukan kita jadi fokus beramal hanya biar di liat Allah :)
5. berdoa deh :) 
 berdoa ini semoga kita selalu di jauhi dari penyakit hati itu,, kayak sombong itu tadi :)

wallahu'alam

oke de sob,, itu dulu bicara tentang ikhlas nya , semoga brmanfaat yaaa,, n bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,, dari hal yang kecil,,

oia, ada neh ibarat tentang ikhlas 
"Ikhlas itu bagaikan semut hitam yang berada diatas batu hitam yang sangat kelam, ianya ada tapi tak trlihat oleh mata :)"


maaf kalo ada salah-salah kata, mohon koreksi nya :)
assalamu'alaikum 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar